Gumiho [구미호] merupakanrubahdengansembilanekor, dongeng yang
diciptakanberasaldarimitos China kuno berabad2 lalu.Dongenginiadaversi China
maupunJepangmeskipunterdapatsedikitperbedaan.Hulijingpadadongeng China
dankitsunepadadongengJepangmempunyai moral yang ambigu,
dimanamerekabisabersifatbaikdanburuksekaligusdanbiasanyatidakkeluaruntukmencari
orang untukdiburu.Sementaraitu, gumiho di Korea,
hampirselaludigambarkandenganfigur yang sangatjahat, makhlukkarnivora yang
memakandagingmanusia.
Gumiho di
Korea
secaratradisionalmerupakanwanita.Beberapadapatmenyembunyikancirigumihomereka,
sementaramitos lain
mengindikasikanbahwamerekatidakdapatbertransformasisecarapenuh
(contohwajahatautelinga yang
sepertirubahataumasihterdapatekorberjumlahsembilan). Dengan kata lain,
biasanyaadasetidaknyasatucirifisik yang dapatmembuktikanbentukgumihomereka,
ataucaraajaibuntukmemaksamerekamemperlihatkanwujudaslimereka.
Samasepertimanusiaserigalaataupunvampir
di Barat, adaberagammitostergantungdarilegenda yang
diceritakan.
Beberapaceritamengatakanbahwajikagumihotidakmembunuhdanmemakanmanusiaselamaseribuhari,
makagumihoakanmenjadimanusia. Ceritalainnya, seperti drama Gumiho: Tale of the
Fox’s Child, mengatakanbahwagumihobisamenjadimanusiajikapria yang
melihatwujudaslinyamerahasiakanhaltersebutselama 10 tahun. Di
luarsetiapceritaitu, adahal yang selalukonsistendiceritakan,
yaitu bahwa gumiho merupakanrubah, wanita, berubahwujud, dankarnivora. Sekarangkitabahastentangartigumihodalambudaya.Rubahmerupakangambaranumum
di banyakbudayaberbeda yang menggambarkanpenipuataupintartapijahat yang
mencuriataumengecoh yang lain untukmendapatkanapa yang diainginkan. Orang yang
tumbuhdenganmendengarkanfabel Aesop
mengetahuipengulanganklasiktentangrubahdalamceritadongeng.Dan
tidaksulituntukmelihatbagaimanarubahmendapatkansifattersebut.Binatanginimerupakanpemburu
nocturnal dansifatdasarnya yang senangmencuri, dandikenal di
seluruhduniadenganakalliciknya.
Di Korea,
rubahmempunyaipenyokongimplikasibudaya, yaitukelicikanseksual. Kata untukrubah,
yeo-woo [여우], merupakan kata yang oleh orang
Korea diberikankepadawanita yang terjemahankasarnyakitasebutsajasilicikpemakanpria.
Ada istilahbahasainggris yang jugakuranglebihsamayaitu “you sly fox”
(kamurubahlicik), meskipun di Korea
sendiriistilahinihanyadiberikankepadaperempuan yang sifatnyasepertirubah
(disebut yeo-woo) danmempunyaisifat predator
“kamumulaimenggunakanakallicikuntukmenipuku”, yah
kira-kirasepertiitulahcontohnya. Wanita yang
menggunakanpesonafemininnyauntukmaksudjahatatauwanita yang
secaraterang-teranganmemperlihatkanseksualitasnyadengan motif
jahatdibelakangnya, disebut yeo-woo. Menariknya, kata aktrisdalambahasa Korea [여배우] biladisingkatsamapenulisannyadengan yeo-woo [여우]. Bukanlahtanpasebabkalauwujudgumihohanyamerupakanwanita
yang
cantik.Inimerupakancaradongenguntukmemperingatkanpriauntuktidakjatuhkedalamtrikwanita
yang merayuuntukmemperdayainya. Contohnya,
lihatlahterjemahanceritagumihoklasikini.Dalambanyakcerita, sang
pahlawandalamdongeng (selaludigambarkanseorangpria)
harusmenahangodaandantubuhtanpabusanagumiho,
sehinggawujudaslinyabisadiperlihatkan. Jadi, sifatalamiwanita,
seksualitastersembunyinya = iblis.
Dongeng
Korea?
Konsepseksualitaswanita
yang membahayakansebenarnyabukanlahhal yang baruuntukdongeng.Tetapi,
tidaklahberlebihanbahwabaikitufigurgumihodanpenggunaan yeo-woo merupakanhal
yang cukuplazimdalambudaya modern maupunceritafiksi. Sebagianbesar orang
mungkinberpendapatbahwamitosgumihomerupakancerita yang
didesainuntukmempertegassistempatrialis.Tetapihalinijustrumembuatsuatulegendamenjadisuatuhal
yang cerdikdalampenyampaiannya. Dalam film
ataupun drama, gumihobisadigambarkanbaikitufigur yang
menakutkandansejahatiblisataumalahfigur yang komikaldanmenggelikan,
tergantungdari genre yang digunakan.Seiringberjalannyawaktu,
legendagumihotelahberubah, sepertidiceritakandalamGumiho: Tale of the Fox’s
Child‘s yang menggambarkangumiho yang menderitadenganjiwa yang baik yang
menginginkanmenjadimanusiadanmenyerapkehidupanpria. Diaadalahiblis yang
memilihjalanhidup yang
baiksupayabisamempertahankansifatmanusianya.Interpretasiinihampirsamadenganmitosvampir
yang mempunyaijiwa, yang berperangdenganjiwaiblis yang adapadadirinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar