Selasa, 30 April 2013

LEGENDA GUMIHO


          Gumiho [구미호] merupakanrubahdengansembilanekor, dongeng yang diciptakanberasaldarimitos China kuno berabad2 lalu.Dongenginiadaversi China maupunJepangmeskipunterdapatsedikitperbedaan.Hulijingpadadongeng China dankitsunepadadongengJepangmempunyai moral yang ambigu, dimanamerekabisabersifatbaikdanburuksekaligusdanbiasanyatidakkeluaruntukmencari orang untukdiburu.Sementaraitu, gumiho di Korea, hampirselaludigambarkandenganfigur yang sangatjahat, makhlukkarnivora yang memakandagingmanusia.





Berdasarkanlegenda, rubah yang hidupribuantahunberubahmenjadigumiho, yang dapatmenyamarmenjadiwanita.Gumihobersifatjahatdanmakanhatiataujantungmanusia (adalegendaberbedaantarasatudenganlainnya) agar bisatetaphidup.Hulijing di China dikatakanterbuatdarienergiwanita (yin) danmembutuhkanenergipria (yang) agar bisabertahanhidup.Sementaraitu, kitsune di Jepangbisapriaatauwanita, dandapatmemilihuntukberbuatkebaikan.
Gumiho di Korea secaratradisionalmerupakanwanita.Beberapadapatmenyembunyikancirigumihomereka, sementaramitos lain mengindikasikanbahwamerekatidakdapatbertransformasisecarapenuh (contohwajahatautelinga yang sepertirubahataumasihterdapatekorberjumlahsembilan). Dengan kata lain, biasanyaadasetidaknyasatucirifisik yang dapatmembuktikanbentukgumihomereka, ataucaraajaibuntukmemaksamerekamemperlihatkanwujudaslimereka.
Samasepertimanusiaserigalaataupunvampir di Barat, adaberagammitostergantungdarilegenda yang diceritakan. 




Beberapaceritamengatakanbahwajikagumihotidakmembunuhdanmemakanmanusiaselamaseribuhari, makagumihoakanmenjadimanusia. Ceritalainnya, seperti drama Gumiho: Tale of the Fox’s Child, mengatakanbahwagumihobisamenjadimanusiajikapria yang melihatwujudaslinyamerahasiakanhaltersebutselama 10 tahun. Di luarsetiapceritaitu, adahal yang selalukonsistendiceritakan, yaitu bahwa gumiho merupakanrubah, wanita, berubahwujud, dankarnivora.Sekarangkitabahastentangartigumihodalambudaya.Rubahmerupakangambaranumum di banyakbudayaberbeda yang menggambarkanpenipuataupintartapijahat yang mencuriataumengecoh yang lain untukmendapatkanapa yang diainginkan. Orang yang tumbuhdenganmendengarkanfabel Aesop mengetahuipengulanganklasiktentangrubahdalamceritadongeng.Dan tidaksulituntukmelihatbagaimanarubahmendapatkansifattersebut.Binatanginimerupakanpemburu nocturnal dansifatdasarnya yang senangmencuri, dandikenal di seluruhduniadenganakalliciknya.
Di Korea, rubahmempunyaipenyokongimplikasibudaya, yaitukelicikanseksual. Kata untukrubah, yeo-woo [여우], merupakan kata yang oleh orang Korea diberikankepadawanita yang terjemahankasarnyakitasebutsajasilicikpemakanpria.




 Ada istilahbahasainggris yang jugakuranglebihsamayaitu “you sly fox” (kamurubahlicik), meskipun di Korea sendiriistilahinihanyadiberikankepadaperempuan yang sifatnyasepertirubah (disebut yeo-woo) danmempunyaisifat predator “kamumulaimenggunakanakallicikuntukmenipuku”, yah kira-kirasepertiitulahcontohnya. Wanita yang menggunakanpesonafemininnyauntukmaksudjahatatauwanita yang secaraterang-teranganmemperlihatkanseksualitasnyadengan motif jahatdibelakangnya, disebut yeo-woo. Menariknya, kata aktrisdalambahasa Korea [여배우] biladisingkatsamapenulisannyadengan yeo-woo [여우].Bukanlahtanpasebabkalauwujudgumihohanyamerupakanwanita yang cantik.Inimerupakancaradongenguntukmemperingatkanpriauntuktidakjatuhkedalamtrikwanita yang merayuuntukmemperdayainya. Contohnya, lihatlahterjemahanceritagumihoklasikini.Dalambanyakcerita, sang pahlawandalamdongeng (selaludigambarkanseorangpria) harusmenahangodaandantubuhtanpabusanagumiho, sehinggawujudaslinyabisadiperlihatkan. Jadi, sifatalamiwanita, seksualitastersembunyinya = iblis.



Dongeng Korea?
Konsepseksualitaswanita yang membahayakansebenarnyabukanlahhal yang baruuntukdongeng.Tetapi, tidaklahberlebihanbahwabaikitufigurgumihodanpenggunaan yeo-woo merupakanhal yang cukuplazimdalambudaya modern maupunceritafiksi. Sebagianbesar orang mungkinberpendapatbahwamitosgumihomerupakancerita yang didesainuntukmempertegassistempatrialis.Tetapihalinijustrumembuatsuatulegendamenjadisuatuhal yang cerdikdalampenyampaiannya.Dalam film ataupun drama, gumihobisadigambarkanbaikitufigur yang menakutkandansejahatiblisataumalahfigur yang komikaldanmenggelikan, tergantungdari genre yang digunakan.Seiringberjalannyawaktu, legendagumihotelahberubah, sepertidiceritakandalamGumiho: Tale of the Fox’s Child‘s yang menggambarkangumiho yang menderitadenganjiwa yang baik yang menginginkanmenjadimanusiadanmenyerapkehidupanpria. Diaadalahiblis yang memilihjalanhidup yang baiksupayabisamempertahankansifatmanusianya.Interpretasiinihampirsamadenganmitosvampir yang mempunyaijiwa, yang berperangdenganjiwaiblis yang adapadadirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar