Selasa, 30 April 2013

SAMUDRA DI DALAM PERUT BUMI


Ketika ilmuwan melakukan proses scan di kedalamanbagiandalambumimerekamenemukansebuahwadukraksasa di bawah Asia Timur, volume air di dalamnyasetaradenganjumlah air di lautanAntartikaataulautankutubutara. Yang tampak di sisikirigambaratasadalahsebuahgambarbidangsinggunggambarsebelahkanan, menampakkanketidaknormalanatenuasi (pelemahan) gelombangkejutdalammesofer di kedalaman 620 mil di bawahtanah.Di antarakeduagambartersebut, warnamerahmenerangkanlapisanbatuan yang luarbiasalemahdangembur, dandianggapbagiandalamnyabanyakmengandung air, sedangkanwarnabirumenerangkanbatuan yang luarbiasakeras (warnaputihdankuningterletak di tengah-tengah).

Untukpertamakalinyamanusiamenemukansistem air raksasa di mesosferbagiandalam.
Menurutlaporan life science com, bahwaketikamemayar di kedalamanbagiandalambumi, ilmuwanmenemukansebuahwadukraksasa di bawah Asia Timur, volume air di dalamnyasetaradenganjumlah air di lautanAntartikaataulautanKutub Utara. Iniadalah kali pertamanyamanusiamenemukansebuahsistem air raksasa di mesoferbagiandalam.

TemuaniniadalahhasilpenelitianbersamaahligeologidariUniversitas Washington yakni Michael Wysessiondengan Jesse Lawrence, mahasiswanyadariUniversitas California, dantemuaniniakandipublikasikan di monografterbitanlembagageofisikaAmerika. Merekaberduatelahmengalisisbersamagrafikgelombangkejutsebanyakhampir 600.000 bagian (catatangelombangkejut yang munculketikagempabumimelintasibumi, dikumpulkandariperalatan yang tersebar di berbagaidaerah di dunia).

Merekamendapati, bahwagelombanggempa di bawahdaratan Asia memperlihatkanfenomena yang lemah, selainitukecepatannyajugasedikitmelamban, Wysessionmengatakan : “Air dapatmemperlambatkecepatangelombanggempa, sejumlahbesartanda-tandamelambandanmelemahnyahaltersebutdapatmemprediksi di manaterdapat air.”
Menurutperhitungansebelumnya, bahwaketikalapisanbatuandingintenggelamkedalammesofer di bawahtanahsedalamribuan km, suhutinggi di kedalamanbawahtanahakanmengeluarkanuap air dalamlapisanbatutersebut.
Wysessionmenuturkan : “Itulah yang akan kami tunjukkan di sini, air dalamlapisanbatuantersebuttenggelambersamalapisanbatuandasarlautdan air itusangatdingin, namunseiringdenganmembesarnyatingkatkedalaman, suhuakanmulainaik, danlapisanbatuanmulaitidakstabil, dankehilangan air yang terkandung di dalamnya.” kemudian air mulainaikdanmasukkedaerahtimbunan, dan di sanamenjadidaerahjenuh air, namun di sanasekilastampaktetapsepertilapisanbatuanpadat, danhanyadenganmeletakkannyadalamlaboratoriumAndabarudapatmenemukan air di dalamnya.”

Meskisekilasmerekatampaksepertibatuanpadat, sebanyak 15 % dalambeberapabatuandasarlautadalah air.Wysessionmenuturkan: “Konkretnya, air beradadalamstruktur mineral batuan. KetikaAndamemanaskannya, iaakanmenghilangkan air, samasepertiAndamembakarsepotongtanahliat, bisamenghilangkansemua air di dalamnya.”
Penelitimemprediksikan, bahwa di daerah-daerahpermukaanbumi yang diselimuti air, cukup 0.1 % lapisanbatuantenggelamkedalammesofersudahbisamenghasilkan volume air yang setaradengansatulautanKutub Utara.
Wysessionmenamakanstrukturbawahtanah yang baruinisebagai “Beijing abnormal”, sebabiaditemukan di bawah Kota Beijing, China, yang nilairesesigelombanggempanyaterbesar. Pertama kali Wysessionmemakaiistilahinidalamsebuahpenjelasannya di Universitas Beijing.
MenurutWysession : “Merekamerasasangatmenarik, ancamangempabumi China jauhlebihbesardibandingdaerah lain di dunia, karenaitumerekasangattertarikpadaseismologi.”

Sebanyak 70% permukaanbumiditutupioleh air, air-air inimemilikibanyakmanfaatnya, satu di antaranyaadalahmemainkanperanan “pelicin” bagipergerakanlempengdaratan.

Cobalihat Venus kita, di manamenurutWysession, bagiandalamnyasangatpanasdanekstremkering, iatidakmemilikistrukturlempeng, semua air yang adamungkintelah di-evaporasi (menguap), tidakadalempeng, danseluruhsistemnyaditutup.
(Sumber: yanzenadjie.blogspot.com)

Weblog Misteribumikitadibiayaioleh sponsor, kami akansangatberterimakasihjikaandamaumengunjungi website sponsor kami dibawahiniselamabeberapadetiksaja, kami akanselalumenyajikanartikelmisteri yang menarikuntukanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar